Kakanwil Malut Buka Dialog Lintas Agama di Halbar

HALBAR, LENTERA.CO.ID –  Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Utara (Kakanwil Kemenag Malut) H.Sarbin Sehe, membuka secara resmi dialog lintas agama yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu 3 November 2018.

Kegiatan dilangsungkan di Aula Kantor Kemenag Halbar dengan tema “Peran Tokoh lintas Agama kita wujudkan kerukunan berbasis Budaya Rasai dalam bingkai NKRI” itu, dihadiri oleh Kakan Kemenag Halbar Drs.H.Idris, para Kasi lingkup Kemenag Halbar, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Keterwakilan Pengurus Ormas se- Halbar.

Ketua Panitia H.Muzakir Ahmad, dalam laporannya, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, Kerukunan dan kedamaian pada kehidupan masyarakat umumnya di Malut dan khususnya di Halbar.

“Untuk itu, diharapkan adanya peningkatan kerjasama antara pemeluk Agama, Karena itu merupakan modal dasar demi kelangsungan pembangunan di negeri yang kita cintai ini,” ungkap Kepala Tata Usaha (KTU) Kemenag Halbar.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Malut H.Sarbin Sehe, dalam sambutannya, mengatakan, permasalahan Agama, Negara dan kearifan Lokal (Lokal Wisdom) tidak perlu dipertentangkan selama itu tidak bertentangan dengan Keyakinan dan akidah.

“Hadirnya kearifan lokal atau adat budaya seperti Rasai, Marahai, Tomaloa Sebanari, Marimoi Ngone Foto ini, jauh selum agama hadir,” jelasnya.

Lanjutnya, jadi pada kesempatan itu, dirinya mengharapkan kepada para peserta agar tidak terprovokasi dengan pemberiataan hoax yang disampaikan lewat media Sosial (Medsos).

“Tetapi setiap berita yang diterima atau disampaikan melalui Medsos agar dilakukan kroscek dengan mengunakan 3 S (Sharing Sebelum Share),” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi kegiatan tersebut. Sarbin mengatakan, ” agar Dialog Lintas Agama yang dilaksanakan hari ini bisa menjadi ajang  perekat persaudaraan diantara sesama Tokoh Agama,” harap Kakanwil Malut.

Usai penyampai sambutan, kegiatan dilanjutkan dialog, dengan narasumber, Kakan Kemenag Halbar Drs. H. Idris dengan materi Kebijakan kementerian agama tentang multi kultur, Kakanwil Malut dengan materi dampak radikalisme dalam kehidupan masyarakat.

Sementara, Kebijakan Pemkab Halbar tentang Kerukunan Antara Umat Beragama (KAUB) dibawakan oleh Kabid Ormas Kesbangpol Halbar Ummu Atiah mewakili Kaban Kesbangpol, Ketua FKUB Justinus Rahilwarin dengan materi Peran FKUB dalam menyikapi konflik, Kasat Binmas Iptu Jusman Husain dengan materi Menejmen pencegahan dan penyelesaian konflik, dan Peranan kementrian agama dalam memelihara KUB dibawakan oleh KTU Kemenag Halbar H.Muzakir Ahmad.

Rep/Chull

- Advertisement -Download

BACA JUGA

Eropa tak Dukung Penerapan Sanksi kepada Iran, AS Murka

LENTERA NEWS -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengecam negara-negara Eropa karena gagal mendukung upaya Washington untuk memulihkan sanksi PBB terhadap Iran. AS...

Kian Memanas, Taiwan akan Balas jika Diserang China

LENTERA NEWS -- Taiwan tidak akan membuat langkah provokatif, tetapi akan membalas tembakan jika pasukan China menyerang pulau tersebut. Reaksi Taipei disampaikan seorang sumber militer...

AS Tuding Iran Memiliki Bom Nuklir dan Berkomplot dengan Korut

LENTERA NEWS -- Iran dituding akan memiliki bom nuklir pada akhir tahun ini. Negara para Mullah itu juga dituduh berkomplot dengan Korea Utara (Korut) untuk mengembangkan rudal...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER

Surat Sultan Tidore buat Presiden Jokowi

Assalamualaikum wr.wb. Inilah warkatul ikhlas, yang kami sampaikan kepada Bapak dalam rangka menyambut HUT KEMERDEKAAN RI ke-74 dengan harapan dan doa semoga Bapak dan kelurga...

Tunjangan hari raya dan gaji-13 akan dibayarkan pada 24 Mei.

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Tunjangan hari raya dan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara atau PNS pemerintah daerah akan dibayarkan tepat waktu merujuk pada peraturan pemerintah...

Jadi Pejabat, Anies: Dicaci tidak Tumbang, Dipuji tidak Terbang

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tak luput dari kritikan masyarakat

Rusia Menanggapi Sikap AS Menambah Pasukan Militer di Timteng

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin, 27 Mei 2019 mengatakan, kemungkinan peningkatan keberadaan militer Amerika Serikat di Timur Tengah bisa...

46 PNS Dipecat Akibat Doyan Bolos dan Kasus Perzinaan

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) memecat 42 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang doyan bolos. Keputusan itu diambil dalam sidang terhadap 46 PNS yang...