Masuk Islam Demi Cintanya, Lamprey: Mereka Pikir Saya akan Gabung dengan ISIS

LENTERA NEWS — Ketika pria Australia Bogart Lamprey memberitahu keluarganya bahwa dia akan masuk Islam, mereka jelas tak gembira. “Mereka pikir saya akan gabung dengan ISIS,” katanya.

Bogart mengaku keluarganya tidak begitu senang dengan keputusan ini. Dia menggambarkan keluarganya sebagai tipikal keluarga yang sangat Australia.

Namun alasan di balik keputusan pria berusia 32 tahun ini agak menyentuh hati: dia jatuh cinta pada pujaan hatinya. Terlepas dari perbedaan latar belakang budaya, pria yang biasa disapa Bo ini, jatuh cinta pada Noora Al Matori, wanita kelahiran Irak tapi dibesarkan di Australia.

Noora dan Bo bertemu untuk pertama kalinya sebuah kafe di kota pedalaman Wagga Wagga. Sejak itu, tekad Bo sudah tak terbendung lagi. Selain pada Noora, Bo juga telah jatuh cinta pada kehidupan dan budaya Noora.

Saat pertemuan pertama tersebut, Bo memang sudah langsung kepincut dengan Noora yang usianya setahun lebih muda. Saudara Bo sampai bercanda bahwa dia mungkin akan menikahi Noor. Dan bagi Bo itu bukan candaan semata.

“Saya juga sempat menertawakan candaan ini, tapi saya kemudian merasa saya akan menikahinya,” katanya kapada ABC News.

Selama enam bulan sejak melihat Noora untuk pertama kalinya, Bo bolik-balik ke kafe yang sama dengan harapan bisa melihat Noora lagi. Dan, kalau bisa menyapanya dan berkenalan.

“Setiap kali datang ke sana, saya tanya wanita tua yang bekerja di situ mengenai Noora,” kata Bogart.

Setelah berusaha beberapa kali dia pun akhirnya bisa ngobrol dan ngopi bareng meskipun bagi Noora hubungan itu tak lebih sebagai teman.

“Saya menganggapnya sebagai teman. Saya besar di lingkungan orang Australia. Teman saya banyak. Jadi tak ada masalah dengan hal itu,” kata Noora.

Namun dia mengaku tak pernah membayangkan dirinya akan menikah dengan seseorang yang bukan orang Timur Tengah.

Selama beberapa tahun sejak perkenalan itu, Bogart terus mendalami budaya dan kehidupan Noora. Dia tahu bahwa jika ingin hidup bersama Noora, dia harus melakukannya dengan cara tradisional.

“Saya jadi tahu dan memahami agama ini, saya memeluknya, saya belajar Al-Quran setiap malam dan akhirnya masuk Islam,” katanya.

“Lalu saya minta Noora agar menyampaikan ke ayahnya untuk bertemu dan minta restu menikah dengannya. Dan berharap Noora juga mau menikah dengan saya,” papar Bogart lagi.

Sebelumnya dia sebenanrya sudah beberapa kali bertemu dengan keluarga Noora namun hanya sebagai teman. Kali ini situasinya sangat berbeda.

“Saat saya bilang ke ayah bahwa Bo suka saya dan akan datang minta restu, ayah saya memutuskan pergi liburan selama tiga bulan dan menggantung keinginan Bo,” ujar Noora.

“Dia ingin memastikan apakah Bo akan bertahan atau akan pergi,” katanya.

Tapi Bogart tak kemana-mana. Dia malah menghabiskan waktu menjalin hubungan dengan anggota keluarga Noora lainnya.

Ketika akhirnya bertemu dengan ayah Noora, Bo datang bersama keluarganya. Dia pun mendapatkan restu sang calon mertu begitu pula dari calon istrinya.

Kedua keluarga itu pun coba saling memahami budaya dan tradisi masing-masing, terutama ketika hari pernikahan kian dekat.

Bagi Bo, pilihannya sudah jelas, apakah keluarganya mau menerima atau tidak, dia akan lanjut dengan kehidupannya bersama Noora.

“Bagi saya, sangat penting agar keluargaku menghargai Bo sama seperti keluarganya menghargai saya,” ujar Noora.

Mereka pun saling menunjukkan penghormatan pada tradisi masing-masing. Keluarga ini, misalnya, bertemu di perayaan hari Natal atau Idul Fitri.

“Ibunda Bo selalu berusaha menyenangkan kami kita,” ujar Noora.

“Kami mengunjunginya saat Natal dan itu tidak ada salahnya. Hubungan ini saling menghargai dan menghormati,” katanya.

Keluarga Noora sendiri selalu berusaha menyayangi suaminya ini, menganggapnya sebagai keluarga sendiri.

“Sepanjang yang saya rasakan, ibunda Noora sudah jadi ibu kedua saya,” kata Bo.

“Cara mereka memperlakukanku sangat luar biasa,” tambahnya.

Bogart Lamprey dan Noora Al Matori kini telah menikah selama hampir empat tahun dan bermukim di Canberra.

Mereka dikaruniai seorang putri, Jamila, yang berusia tiga tahun. Dia dididik sebagai seorang Muslim, tetapi mereka ingin membesarkannya dalam kedua budaya.

Jamila belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris.

“Saya dan Bo sama-sama berharap hal yang sama darinya,” kata Noora.

“Jika dia ingin pakai jilbab ketika usianya lebih dewasa, bisa saja. Tapai dia tak mau juga tak apa-apa,” ujarnya.

“Aku hanya ingin dia tumbuh dan menghargai dirinya seperti kami menghargai dia,” ujar Bo.

Bila kelak Jamila bisa sama seperti Noora atau setengahnya pun, Bo mengaku akan pria paling bahagia di dunia.

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News.

Sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2019-02-15/pria-asal-pedalaman-australia-masuk-islam-demi-cintanya/10815076

Sumber: Republika

- Advertisement -Download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait

Sampah Plastik Milik Warga Dijual di Bank Sampah

Makassar, News.lentera.co.id -- Petugas Bank Sampah Pusat Cabang Paccerakkang menimbang sampah jenis plastik, ke Gudang Penampung Bank Sampah , kelurahan Tamalanrea di Jalan Keberkahan...

Pengurus Ipma Halteng Makasar Dilantik

Makasar, News.lentera.co.id -- Ikatan Pelajar Mahasiswa Halmahera Tengah (Ipma Halteng) Makasar, mengggelar pelantikan pengurus, digedung Sidrap Center Perintis Kemerdekaan, Minggu, 8 September 2019 malam. Pelantikan...

Penghuni Asrama Kamasan Surabaya ini Punya Catatan Kriminal

Surabaya, news.lentera.co.id -- GM alias Mepa, Salah satu penghuni asrama Mahasiswa Kamasan 3 di Kalasan Surabaya rupanya memiliki catatan kriminal. Mepa tercatat sebagai pelaku...

KPK Tetapkan Dirut PTPN III Tersangka Distribusi Gula

LENTERA NEWS -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus suap distribusi gula di PT Perkebunan Nusantara III (PN III) (Persero)....

Pakar Geopolitik Ungkap Ibu Kota Baru Untungkan 2 Negara ini

LENTERA NEWS -- Pakar geopolitik Hendrajit mengatakan pemerintah harus jeli melihat keamanan ibu kota negara yang baru, khususnya Pulau Kalimantan. Ini karena lokasinya terkepung...
- Advertisment -

POPULER

Surat Sultan Tidore buat Presiden Jokowi

Assalamualaikum wr.wb. Inilah warkatul ikhlas, yang kami sampaikan kepada Bapak dalam rangka menyambut HUT KEMERDEKAAN RI ke-74 dengan harapan dan doa semoga Bapak dan kelurga...

Tunjangan hari raya dan gaji-13 akan dibayarkan pada 24 Mei.

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Tunjangan hari raya dan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara atau PNS pemerintah daerah akan dibayarkan tepat waktu merujuk pada peraturan pemerintah...

Rusia Menanggapi Sikap AS Menambah Pasukan Militer di Timteng

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin, 27 Mei 2019 mengatakan, kemungkinan peningkatan keberadaan militer Amerika Serikat di Timur Tengah bisa...

46 PNS Dipecat Akibat Doyan Bolos dan Kasus Perzinaan

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) memecat 42 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang doyan bolos. Keputusan itu diambil dalam sidang terhadap 46 PNS yang...

Jadi Pejabat, Anies: Dicaci tidak Tumbang, Dipuji tidak Terbang

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tak luput dari kritikan masyarakat