oleh

Pemerintah Rencana Buka Seleksi CPNS di Tahun 2019!

Tak hanya merekrut pegawai honorer, rencana pemerintah juga harus seleksi CPNS di tahun 2019!

LENTERA.CO.ID — Seleksi CPNS 2018 sudah mencapai tahap terakhir. Bagi yang lolos, segera lakukan pemberkasan di instansi atau kementrian, tempat lamaran. Sementara yang tak lolos seleksi CPNS 2018, masih ada harapan tahap selanjutnya.

Pasalnya, pemerintah melalui BKN akan membuka lowongan untuk pegawai honorer pemerintahaan alias Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K). Selain itu, mereka juga berencana untuk membuka kembali seleksi CPNS di tahun 2019. Hal ini seperti tertulis dalam press rilis di laman resmi BKN pada 19 Desember 2018 silam.

“Selain itu, pada tahun 2019 rencananya akan kembali dibuka rekrutmen CPNS yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai terutama bidang Pendidikan dan Kesehatan di mana banyak pegawai yang akan memasuki usia pensiun pada tahun 2019,” bunyi tulisan di press rilis tersebut.

Tentang PPPK
Pemerintah membuka peluang mengabdi lewat jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K). Mengutip dari press rilis BKN, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin dalam Konferensi Pers bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta Selatan pada Rabu, 19 Desember 2018 menjelaskan bahwa rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan dilakukan dengan sangat terbuka. Mengingat rekrutmen ini diselenggarakan secara umum dan diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun hal tersebut ada batas usia yang harus dipenuhi, yakni maksimal dua tahun sebelum usia pensiun dari jabatan yang hendak dilamar.

Selain itu, seleksi ini diharap bisa merekrut tenaga profesional dengan tujuan meningkatkan SDM di Indonesia.

“P3K terbuka untuk seluruh profesi ahli yang dibutuhkan secara Nasional dan sangat berpeluang untuk tenaga honorer yang telah lama mengabdi, juga bagi para Diaspora yang kehadirannya dalam birokrasi diharapkan dapat berkontribusi positif bagi Indonesia,” tutur Syafruddin.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menambahkan, teknis penyusunan kebutuhan P3K ini sama dengan CPNS 2018 kemarin. Teknis kebutuhan yang dimaksud adalah nstansi mengusulkan kebutuhan ke Kementerian PANRB kemudian BKN memberikan pertimbangan teknis pada Kementerian PANRB terkait kebutuhan formasi tersebut.

Sementara itu Deputi SDM Aparatur Kementrian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan bahwa rekrutmen P3K ini rencananya akan terbagi ke dalam dua fase. Fase pertama bakal dilakukan pada akhir Januari 2019. Sementara fase kedua setelah pemilu bulan April 2019 berlangsung.

(Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Tak Hanya Merekrut Pegawai Honorer, Pemerintah Rencananya Juga Akan Buka Seleksi CPNS di Tahun 2019!).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed