2018, Penemuan 5 Hal Baru Ini Paling Menghebohkan

Sepanjang 2018 juga diwarnai penemuan mutakhir di bidang ilmu pengetahuan.

JAKARTA, LENTERA.CO.ID — Tahun 2018 akan segera berakhir. Banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dalam satu tahun belakang, mulai dari bidang politik, sosial, hingga fenomena, dan bencana alam.

Dilansir dari Republika.co.id, bahwa sepanjang 2018 juga diwarnai penemuan mutakhir di bidang ilmu pengetahuan, diantaranya bahkan bisa dibilang cukup menggemparkan dunia. Berikut lima diantaranya yang disiarkan Digital Trends.

BACA Pemerintah Pertimbangkan Sanksi Penyalur KUR

1. Perubahan iklim memburuk

Perubahan iklim menjadi salah satu isu yang paling sering digaungkan selama satu tahun terakhir. Sebuah studi menyebutkan, 2017 merupakan tahun dengan suhu tertinggi.

Namun, peringkat itu tidak bertahan lama. Faktanya, suhu bumi pada 2018 jauh lebih panas. Perubahan iklim ekstrem ini menyebabkan berbagai kondisi cuaca yang buruk seperti badai yang terjadi hampir di seluruh dunia.

2. Peneliti Cina biakkan tikus tanpa jantan

Menurut jurnal yang diterbitkan Oktober lalu, peneliti Cina berhasil melahirkan tikus sehat dari tikus betina tanpa membutuhkan tikus jantan untuk membuahi telur. Ahli biologi dari Chinese Academy of Sciences menggunakan teknik pengeditan khusus pada sel induk embrio (HCO) yang berasal dari haploid pria dan wanita.

3. Ilmuwan Cina klaim ciptakan bayi rekayasa genetik pertama

Penemuan yang paling fenomenal 2018 adalah seorang peneliti asal Cina mengaku mengubah DNA dua bayi kembar, menciptakan mesin pembuat genetik bayi pertama di dunia. Namun penemuan tersebut mendapat banyak pertentangan dari para peneliti lain. Sejumlah peneliti menyebut tindakan tersebut tidak etis dan berbahaya.

BACA JUGA Ini Aturan Memotong Rambut bagi Muslimah

4. Kilogram dirumuskan ulang

Generasi mendatang mungkin tidak lagi akan mengenal satuan kilogram. Pada November lalu para meterologis sepakat merumuskan satuan yang telah dipakai selama 129 tahun ini. Alasan dihapuskannya kilogram adalah purwarupa kilogram internasional (IPK) yang terbuat dari platinum dan iridium sudah mengalami penurunan berat sehingga satuan tersebut tidak lagi akurat.

Infografis: Republika.co.id

5. KB untuk pria

Berbeda dengan wanita, KB untuk pria selama ini diketahui hanya dua pilihan, yaitu kondom atau vasektomi. Namun, tahun ini, pria memiliki alternatif lain untuk menunda kehamilan dengan menggunakan gel khusus.

Cara kerja KB untuk pria ini cukup unik. Kinerja sperma akan menurun ketika gel tersebut dioleskan pada lengan bagian atas dan pundak. Namun penemuan ini masih dalam pengembangan. Para peneliti berencana akan mempublikasikan penemuan pada 2022.

- Advertisement -Download

BACA JUGA

Pilkada tak Bisa Menunggu Pandemi Berakhir

LENTERA NEWS -- Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tetap dilaksanakan sesuai jadwal yakni 9 Desember 2020. Dia...

Trump Tuduh Petinggi Pentagon Ingin Terus Perang

LENTERA NEWS -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh petinggi-petinggi Departemen Pertahanan ingin perang terus terjadi agar kontraktor-kontraktor pertahanan tetap 'senang'.

Anggota DPR RI Usulkan Pidana dan Denda 100 jt bagi Paslon Pelanggar Protokol Covid

Fenomena pada masa pendaftaran pasangan calon Pilkada 2020 membuat publik resah. Ada kekawatiran muncul klaster baru Covid-19 pada tahapan pilkada selanjutnya. Terlebih, setelah pendaftaran...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER

Surat Sultan Tidore buat Presiden Jokowi

Assalamualaikum wr.wb. Inilah warkatul ikhlas, yang kami sampaikan kepada Bapak dalam rangka menyambut HUT KEMERDEKAAN RI ke-74 dengan harapan dan doa semoga Bapak dan kelurga...

Tunjangan hari raya dan gaji-13 akan dibayarkan pada 24 Mei.

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Tunjangan hari raya dan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara atau PNS pemerintah daerah akan dibayarkan tepat waktu merujuk pada peraturan pemerintah...

Jadi Pejabat, Anies: Dicaci tidak Tumbang, Dipuji tidak Terbang

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan tak luput dari kritikan masyarakat

Rusia Menanggapi Sikap AS Menambah Pasukan Militer di Timteng

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin, 27 Mei 2019 mengatakan, kemungkinan peningkatan keberadaan militer Amerika Serikat di Timur Tengah bisa...

46 PNS Dipecat Akibat Doyan Bolos dan Kasus Perzinaan

NEWS.LENTERA.CO.ID -- Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) memecat 42 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang doyan bolos. Keputusan itu diambil dalam sidang terhadap 46 PNS yang...